Panduan Pengurus RT Dalam Merespon Laporan dan Usulan Warga
Langkah 1: Akses Menu Laporan Warga
Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman utama aplikasi. Cari dan klik menu Laporan Warga pada daftar menu yang tersedia. Menu ini adalah tempat untuk membuat laporan baru atau melihat laporan yang sudah dikirim oleh warga.
Langkah 2: Lihat Laporan Warga
Pada halaman Laporan Warga, klik laporan yang ingin Anda lihat sesuai yang tersedia pada daftar. Selanjutnya aplikasi akan menampilkan detail isi laporan warga.
- Terdapat label kategori pada laporan yang dibuat oleh warga.
- Klik gambar yang terlampir untuk melihat foto laporan yang dirikim.
- Untuk mengetahui lokasi yang dilaporkan klik icon lokasi (titik koordinat).
Langkah 3: Respon Laporan Warga
- Pengurus RT klik tombol Respon.
- Pada kotak dialog yang muncul klik tombol Nanti apabila Anda tidak jadi merespon laporan dan klik tombol Proses apabila Anda ingin mulai merespon laporan warga.
a. Beri Tanggapan
Apabila laporan yang dikirim oleh warga terdapat hal yang kuran jelas dan membutuhkan informasi lebih detail, Pengurus RT dapat menanyakan kepada warga dengan mengisikan tanggapan sesuai pada kolom yang tersedia.
- Kolom tulis tanggapan disini: Untuk menuliskan tanggapan terhadap laporan yang ingin Anda respon.
- Icon lampiran file (attach icon) : Digunakan untuk memberi tanggapan dengan melampirkan gambar maksimal ukuran gambar 1,5 Mb.
b. Selesaikan Laporan
Untuk laporan yang telah selesai di proses, Anda dapat menyelesaikan laporannya dengan klik tombol Selesaikan Laporan, pastikan kolom deskripsi telah Anda isi, apabila diperlukan mengirimkan bukti penyelesaian laporan silakan mengunggah gambar pada kolom gambar laporan.
Anda dapat memantau halaman Laporan Warga untuk mengetahui apakah laporannya masih diberikan tanggapan atau ditutup oleh warga dari laporan yang telah Anda proses.